Memahami Bisnis Fashion

Trend Busana Batik 2017
Trend Busana Batik dan Rencana Tahun 2017 untuk Batik Ganitri
November 12, 2016

Memahami Bisnis Fashion

Memahami Bisnis Fashion

Ketika manusia pertama hadir di bumi lantas menutupi tubuhnya dengan benda yang ada seperti daun, misalnya, atau dari kulit binatang dari hasil buruannya dimana dipisahkan antara daging untuk dimakan dan kulit digunakan untuk pakaian, maka pemikiran akan busana sudah didirikan pada waktu itu. Meskipun kita tidak akrab dengan gaya dan pakaian sebagaimana diceritakan dalam sejarah yang kita pelajari, hingga peradaban kuno dapat melihat dan membayangkan tak ada mode, akan tetapi lebih kepada fungsi sekedarnya. Namun di sana dalam perkembangannya akan terlihat sudah berdiri semacam industri dalam pemahaman primitif untuk membuat sejumlah pakaian. Ada keterbatasan antara manusia yang satu dengan yang lainnya dalam membuat. Bahkan bisa jadi jika kita memaknainya saat itu, seni dalam pembentukan pakaian sudah ada.

Tentu saja tidak hanya pakaian, kita melihat dari gambaran sejarah seperti pada masa Mesir Kuno, misalnya, ada paduan menarik antara penutup kepala, rambut, baju dan rok yang dikenakan yang menjadi ciri khas mereka. Bahkan patung Gizeh yang akrab di buku-buku pelajaran dan senyatanya bisa dilihat sampai saat ini memperlihatkan suatu kreasi untuk membentuk ciri khas dalam berbusana khususnya penutup kepala. Terlebih melihat sosok unik yang digambarkan seorang Cleopatra, misalnya.

Sementara di bagian barat dunia, orang-orang Yunani dan Romawi sudah masuk ke dalam busana dengan karya seni yang tinggi seiring dengan kreasi mereka dalam bidang arsitektur yang selalu memukau. Konsep yang unik dan rumit terbentuk dari hasil inspirasi mereka mereka sampai menyentuh benda untuk menyelimuti tubuh manusia yang sempurna, terutama laki-laki, bahkan untuk pakaian pasukan kebanggaan mereka.

Model-model kuno masih merupakan sumber terbesar inspirasi bagi desainer besar dari belahan dunia. Tidak terkecuali batik sebagai salah satu industri tekstil klasik khas Indonesia yang diakui keunikannya di seluruh dunia.

Pengaruh budaya sangat kuat ketika kita mempertimbangkan aspek ekonomi dari industri fashion. Kebutuhan bisnis pasar di mana ia dapat menyajikan ide-ide segar untuk membentuk produk baru. Meskipun dalam era global ini terjadi akulturasi budaya, akan tetapi tetap memberikan pengaruh yang tidak sedikit untuk memberikan nuansa unik. Hasilnya akan memberikan nilai tambah yang besar.

Pada tingkat individu, fashion bukan hanya sebuah kata sederhana namun lebih menunjukkan sebuah karakter dan mencerminkan sebuah identitas dan gaya.

Fashion tidak selalu sadar merek kadang keunikan menjadi penentu orang memutuskan untuk membeli. Namun merk saat ini memang mengalahkan segalanya karena ada nilai yang diciptakan oleh mereka yang sudah terkenal dengan memberikan rasa bangga mengenakannya. Tidak terkecuali dalam industri batik. Iwan Tirta dan Sapuan adalah salah satu ikon batik berkelas dengan pengerjaan yang presisi dan detil. Mereka bangga mengenakan pakaian ini.

Kepuasan pelanggan sangat penting dalam industri fashion. Selain pengaruh dari kualitas dan harga, pelanggaan akan kembali jika kita hadirkan produk yang berkesinambungan dengan hal-hal yang baru sebagai hasil olah daya kreasi dengan mengikuti trend yang sedang berlangsung.

Era online adalah era kemudahan bertransaksi. Simple, sederhana, pembeli cukup hanya menggunakan smartphone atau komputer dimanapun dan tidak harus di tempat belanja. Kondisi ini yang harus dipahami terutama dalam hal kualitas. Kesamaan produk dengan apa yang ditampilkan, tidak ada cacat alias produk sempurna adalah tantangan tersendiri karena hal tersebut adalah beberapa keharusan yang wajib dipenuhi.

Pelan-pelan Batik Ganitri akan terus memahami, berjalan dan sejalan dengan apa yang harus dilakukan dalam memahami bisnis fashion sehingga kami akan berkembang dan menghadirkan produk-produk berkualitas, bervariasi dan selalu update,  pengiriman cepat serta harga yang lebih murah. Untuk produk ekslusif kami juga sedang mempersiapkan untuk menyampaikannya di Butik Batik Online.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 3 =