Batik Rangrang, Asal, Model, Keunikannya dan Harganya

7 Kota Batik Yang Populer di Indonesia
November 22, 2016
jual kain shibori murah
Inilah Kain Shibori Yang Sedang Disukai
November 24, 2016

Batik Rangrang, Asal, Model, Keunikannya dan Harganya

Batik Rangrang atau Tenun Rangrang sempat menjadi produk populer di Batik Ganitri tahun lalu karena yang ditawarkan memiliki corak yang simple dengan warna-warna modern yang menarik. Paduan serasi antara produk yang tidak rumit dilihat dengan blouse yang juga tidak kalah sederhana sering digunakan untuk menjadi pakaian resmi ke kantor. Namun tidak sedikit yang memilih kain karena dimungkinkan untuk dijadikan koleksi atau dipadukan dengan bahan lain yang menjadi pilihannya sehingga bisa berkreasi dengan lebih leluasa.

Namun demikian batik rang rang yang ada pada kami terdapat beberapa jenis. Ada yang asli rangrang yang dibuat secara tenun juga hanya coraknya saja yang dibuat secara masalah dari pabrikan tekstil atau dengan kata lain melalui proses printing.

Asal Batik Rangrang

Tepatnya sih tenun rangrang karena dibuat tidak melalui proses pembatikan atau dengan menggunakan perintang warna, akan tetapi dibuat melalui perantaraan mesin tenun.

Tenun Rangrang, dari referensi yang saya peroleh adalah sebuah kerajinan tenun yang berasal dari Bali. Nusa Penida yang menjadi daerah penghasil kain ini yang menjadi ciri khas daerah setempat. Konon kain ini adalah jenis kain yang secara turun temurun yang asalnya dari para leluhur warga setempat untuk digunakan dalam upacara keagaman.

Aslinya bernama Cepuk Rangrang yang digunakan hanya dalam proses acara keagamaan, namun dalam perkembangannya banyak warga setempat yang membuat bahkan belakangan menjadi populer dan banyak yang menyukainya.

Cepuk Rangrang itu juga disebut Cepok Bolong-bolong yang berarti simbol dari transparansi.

Selain di Bali, kang kita dengar juga terdapat pengrajin yang menghasilkannya dari Lombok dan Jepara. Batik Ganitri pernah memperoleh keduanya dan kemudian diambil seorang rekan dari Bandung dan Batam.

Model Baju Batik Rangrang

Salah satu ciri dari tenun rangrang adalah adanya beberapa ruang kecil yang berlubang. Motifnya yang berbeda-beda serta paduan warna yang lebih dinamis dari yang soft sampai yang lebih kuat. Kita kerap melihat dominasi warna yang kuat seperti oren, ungu dan merah. Sedangkan dari Jepara saya pernah menerima beberapa kain yang warnanya lebih soft.

Untuk pakaian, kain ini banyak digunakan untuk berbagai model. Untuk wanita, dibuat dress dan blouse tentunya sangat menarik dan terlihat lebih ekslusif.

model baju batik rangrang

Walau dibuat printing, rangrang tetap menarik untuk dibentuk berbagai model pakaian untuk pria maupun wanita dan dibuat Couple atau untuk seragaman.

Untuk pria, dibuat kemeja pendek terlihat lebih nyaman dipandang walau yang berlengan panjang juga tidak kalah menariknya jika menyematkan pola ini dalam berbagai model baik secara utuh maupun dipadukan dengan kain lain.

Keunikan Batik Tenun Rangrang

Kain Tenun Rangrang sangat unik, setidaknya menurut pandangan saya. Garis-garis yang membentuk kain tenun dan proses pembuatannya memiliki membentuk ciri khas tersendiri. Ada kesan paduan tradisional dan modern yang kuat sehingga mudah dibentuk untuk disesuaikan dengan pola pakaian yang akan dipilih.

batik rangrang

Kain rangrang original yang unik, koleksi dari Sarjana Rangrang.

Selain itu batas-batas warna yang tegas akan tetapi tidak memperlihatkan kekakuan seakan ada “penduselan” yang nyaman dilihat. Saya menyukai pola seperti ini karena ada memiliki sentuhan artistik yang kuat dimana para pengrajin sudah memperlihatkan detil dan pengerjaan yang sempurna.

Harga Batik atau Tenun Rangrang

Seperti halnya batik, kain tenun rangrang juga memiliki harga yang bervariasi. Perbedaan yang terpenting adalah ada pada keasliannya apakah dari Nusa Penida, misalnya atau bukan. Dibuat menggunakan mesin tenun atau secara dicetak dengan menggunakan printing.

Demikian pula untuk bentuk, apakah sudah menjadi pakaian yang siap pakai atau masih berupa kain.

Jadi banyak faktor untuk melihat sejauh mana tinggi dan rendahnya harga kain rangrang.

Namun demikian, jika melihat pasaran yang ada, harga kain rangrang yang asli berkisar mulai Rp 200.000,- an. Lebih dari itu mungkin bisa dilihat sejauhmana tingkat kesulitan ketika pembuatannya serta corak yang lebih detil dan presisi alias kualitas dari kain tersebut.

Sedangkan yang printing, harga untuk pakaian yang sudah jadipun bisa jauh lebih murah. Harga paling rendah yang dapat kita peroleh adalah sekitar Rp 50.000,-  untuk pria dan di atas Rp 85.000,- untuk baju model wanita.

Pilih Tenun Atau Printing ?

Tentu saja untuk menjawabnya tergantung selera dan budget yang dimiliki. Jika memiliki dana lebih maka menggunakan kain tenun asli dari asal daerahnya adalah cukup membanggakan. Bangga mengenakan produk anak negeri yang memiliki karya terbaik yang patut kita gunakan.

Tim Ganitri Com

Tim Ganitri.Com yang juga support online untuk Batik Ganitri menggunakan Batik Rangrang untuk seragamnya.

Namun tidak salah juga jika kita menggunakan produk printing selain karena alasan budget, setidaknya dari corak sudah memperlihatkan kita suka corak asal belahan negeri ini yang memang memiliki daya kreasi yang tidak terbatas dan memiliki ciri-ciri yang unik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 11 =